make a trip to Selayar island,,

Pulau Selayar adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Selayar posisinya berada tepat di ujung selatan provinsi Sulawesi Selatan. Saat sekarang (mei-2013) Pulau Selayar bisa dikunjungi melalui 2 jalur utama yakni jalur udara dan jalur darat.
Jalur-jalur ini tentunya menyesuaikan dengan keperluan masing-masing pengunjung yang ingin ke bumi tanadoang (istilah lain dari Pulau Selayar). Bagi yang hanya punya sedikit waktu tentu lebih memilih jalur udara (pesawat) walaupun ongkosnya sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan jalur darat.
Sementara jalur darat sendiri disamping ongkosnya lebih murah, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menarik sepanjang perjalanan sebelum tiba di Dermaga Lappe'e ataupun Pelabuhan Penyeberangan Bira sebagai tempat persinggahan terakhir sebelum nyebrang dengan kapal cepat (fiber) ataupun kapal feri ke Pulau Selayar Kepulauan Selayar.

Jalur Udara (pesawat)

Apabila pengunjung sudah berada di kota Makassar (ibukota provinsi Sulawesi Selatan) maka untuk menggunakan jalur udara dengan tujuan Bandar Udara H. Aroeppala, Kepulauan Selayar tentu saja terlebih dahulu merapat ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Saat ini sudah ada 2 maskapai penerbangan yang menempuh rute penerbangan Makassar - Kepulauan Selayar yaitu Aviastar dan Merpati Nusantara Airlines.
Pesawat Aviastar menempuh rute penerbangan Makassar - Kepulauan Selayar hanya 1 kali dalam seminggu yakni setiap hari sabtu saja. Waktu keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar pukul 07.00 WITA. Tiket pesawatnya sekitar 200 ribuan/orang bisa dibeli langsung di bandara ataupun dipesan sebelumnya via telefon. Perlu dicatat bahwa kapasitas penumpang pesawat Aviastar cuma 18 orang jadi sebaiknya sudah ada kepastian tiket sebelum jadwal keberangkatan.
Untuk pesawat Merpati mungkin tidak perlu terlalu terburu-buru memesan tiket karena kursi penumpangnya cukup banyak yakni 54 seat dan jadwal penerbangannya dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin ke Bandar Udara H. Aroeppala juga 2 kali dalam seminggu yakni hari senin dan dari rabu. Tiket pesawat Merpati dijual dengan harga mulai Rp 450.000 hingga Rp 632.000/orang.

next Jalur Darat...

kalau ada kesempatan artikel ini akan dilengkapi lagi selengkap-lengkapnya.. silahkan ketik dikolom komentar jika ada saran atau masukan untuk artikel ini..
kalau ada waktu artikel ini akan dilengkapi lagi.. silahkan ketik dikolom komentar jika ada saran..
suatu saat nanti artikel ini masih akan dilengkapi.. kalau ada saran silahkan ketik dikolom komentar..

adsbyGoogle
adsbyGoogle