Kampung Penyu

turtle village
Kampung Penyu yang dimaksud disini adalah tempat penangkaran telur penyu yang terletak di dusun Tulang, desa Barugaiya, kecamatan Bontomanai, kabupaten Kepulauan Selayar.
Menurut informasi dari mas @d3nun salah seorang pemerhati penyu Kepulauan Selayar, jenis penyu yang sering datang bertelur di kampung penyu ini yakni jenis Penyu Belimbing (Leatherback Turtle) yang sudah tergolong cukup langka di dunia. Di kawasan Pasifik seperti di Indonesia saja, populasinya hanya tersisa sedikit saja dari sebelumnya (hanya 2.983 sarang pada tahun 1999 dari 13.000 sarang pada tahun 1984).
Penyu belimbing betina dapat bertelur empat sampai lima kali per musim, setiap kali sebanyak 60 sampai 129 telur. Anehnya, sekitar setengah dari telur di setiap sarang sangat kecil untuk dapat berkembang dengan baik atau tidak memiliki kuning telur. Penyu belimbing bertelur setiap dua atau tiga tahun dengan masa inkubasi sekitar 60 hari. Penyu belimbing atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan sebutan Dermochelys Coriacea jika bisa bertahan hidup sampai di usia dewasa akan menjadi penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya.

turtle village turtle village turtle village turtle village turtle village turtle village turtle village turtle village

0 komentar Kampung Penyu